Selasa, 08 Oktober 2013

Pentingnya Ortho (behel, kawat gigi) pada Gigi Anak



Kawat gigi adalah suatu alat gigi yang dapat meratakan dan merapikan gigi. Alat ini terdiri dari Bracket dan kawat yang dipasang pada bagian depan gigi untuk tujuan kesehatan dan estetis atau kosmetik. Sifatnya ada yang permanen (fixed) dan ada yang lepasan (removable). Mekanismenya yaitu mengatur, mendorong dan menahan gerakan gigi.


Tujuan perawatan untuk memperbaiki fungsi pengunyahan, bicara, estetik wajah, rahang dan senyum. Susunan gigi yang normal adalah gigi-geligi yang berbaris rapi atau gigi yang normal adalah gigi-geligi yang berbaris rapi atau gigi atas dan bawah bisa tepat mengatup secara simetris. Sedangkan susunan gigi-geligi yang tidak normal diantaranya gigi-geligi yang posisinya terlalu berjejal, gingsul, maju-mundur, terlalu jarang, atau juga pada kondisi rahang bawah normal, rahang atas maju (tonggos), atau sebaliknya, rahang bawah terlalu maju, rahang atas normal (cakil). Sehingga kawat gigi diperlukan untuk meluruskan dan merapikan gigi-geligi yang tidak normal.

Jika kelainan-kelainan gigi tersebut tidak segera ditangani, maka akan membuat penyikatan gigi tidak maksimal. Akibatnya, gigi jadi mudah berlubang, tumbuh banyak karang gigi, gusi mudah berdarah dan muncul bau mulut tidak sedap. Pada tahap lebih parah dapat menimbulkan gangguan sakit kepala dan otot leher pada anak.

(drg. Hellen Amalia, Sp.KGA)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar